Friday, April 25, 2014
Breaking News
Home > Smartphone > Tips Merawat Smartphone Android

Tips Merawat Smartphone Android

Di tahun 2013 ini, jumlah produksi dari smartphone atau ponsel pintar berbasis Android semakin meningkat. Selain karena ramai peminat, vendor-vendor yang memproduksi ponsel pintar dengan sistem operasi ini juga semakin banyak dan terus bermunculan. Akibatnya, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis, tipe atau model smartphone Android dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda dengan harga yang juga bervariasi.

Merawat Smartphone Android

Meski ponsel pintar OS Android terkenal memiliki kehandalan tinggi, namun tetap saja masih bisa mengalami permasalahan bahkan kerusakan jika tidak di rawat dengan hati-hati. Terlebih smartphone ini memang berbeda dengan perangkat lain, karena dibutuhkan perhatian khusus saat merwatnya. Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini kami akan membahas tentang Tips merawat Smartphone Android.

1. Gunakan Kabel Data Asli

Sebagai pengguna ponsel Android anda pasti sering menghubungkan smartphone dengan perangkat komputer/PC. Koneksi ini biasanya menggunakan kabel data sebagai perantaranya. Nah, saat menghubungkan perangkat Android dengan PC, sebaiknya anda memperhatikan kabel data yang digunakan itu harus original atau asli bawaan untuk ponsel tersebut. Karena, jika anda menggunakan kabel data yang bukan pasangannya, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada IC smartphone dan akhirnya membuat ponsel anda akan rusak.

2. Unmount SDcard Saat Akan Mencabut SDcard

Meski kedengarannya sepele, namun hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Kebanyakan orang kadang langsung mencabut sdcard saat akan mengeluarkannya tanpa melakukan unmount sdcard terlebih dahulu. Padahal kebiasaan ini dapat menimbulkan dampak negatif serta kerusakan pada sistem operasi dan IC ponsel kita. Apalagi bagi smartphone yang saat ini mayoritas menggunakan IC berukuran kecil, dan terkadang tidak dapat di ganti dengan yang baru.

3. Jangan Overclock Terlalu Tinggi

Melakukan Overclock memang diperbolehkan untuk meningkatkan kinerja dari ponsel kita. Namun anda harus hati-hati, karena jika terlalu berlebihan dalam mensetting Overclock dapat menyebabkan smartphone kita menjadi lebih cepat rusak dan panas. Sebagai contoh, jika ponsel Android anda memiliki prosessor berkecepatan 1 GHz maka saat mengoverclocknya jangan sampai lebih dari 1.1 GHz atau 10% dari standar yang dimiliki agar keawetan IC ponsel tetap terjaga.

4. Matikan Ponsel Saat Di Charge

Saat sedang mengisi ulang daya baterai, sebaiknya non-akitfkan lah perangkat Android anda. Karena saat keadaan standby ponsel Android memakan daya lebih besar sehingga dapat memperpendek usia baterai ponsel anda.